Tahun Baru Imlek 2021 akan tiba pada tanggal 12 Februari. Imlek adalah tradisi umum di Cina untuk merayakan Tahun Baru, biasanya dengan mendapat cuti sepekan dari tanggal 11-17 Februari 2021.

Dilansir The Scotsman, perayaan Imlek biasanya berlangsung lebih lama, kira-kira dua pekan yang ditutup dengan Festival Lentera pada hari Jumat 26 Februari 2021.

Tahun Baru Cina mengikuti kalender lunar - 12 siklus penuh bulan, kira-kira 354 hari - yang berbeda dengan kalender matahari - waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengorbit Matahari, kira-kira 365 hari.

Artinya, Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda pada kalender matahari setiap tahunnya, yang pada 2021 dimulai pada 12 Februari.

Setiap Tahun Baru Cina diberi salah satu dari 12 tanda zodiak atau shio. Tahun Imlek 2021 adalah Tahun Kerbau - mulai dari 12 Februari 2021- 31 Januari 2022. Tahun depan, 2022, adalah Tahun Macan, mulai 1 Februari 2022-21 Januari 2023.

Kerbau adalah tanda kedua dari alur shio Cina, seekor Kerbau dikatakan memiliki kepribadian yang jujur. Orang yang lahir di Tahun Kerbau dikenal rajin, dapat diandalkan, kuat, dan teguh, tetapi mungkin sulit untuk berkomunikasi. Warna keberuntungan Tahun Kerbau adalah putih, kuning, dan hijau.

Sebagaimana diwartakan The Japan Times, Jupiter Lai, seorang astrolog Cina yang tinggal di Hong Kong, mengatakan bahwa Kerbau itu "membumi, setia, lembut, dan dapat dipercaya".

Mengikuti kalender Cina, 2021 adalah Tahun Kerbau Logam. Pada tingkat yang lebih dalam, setiap cabang shio dicirikan oleh Yin atau Yang dan sebuah elemen.

Di Tahun Tikus, kekuatannya adalah Yang cepat, keras, dan aktif sedangkan elemennya adalah air, yang menurut Lai dikenal karena "berubah sepanjang waktu."

Kerbau tahun ini dikaitkan dengan Yin, yang lambat, lunak, dan pasif. Unsurnya adalah tanah, melambangkan “stabilitas dan nutrisi.

Kerbau tidak hanya terdapat pada shio. Hewan ini telah banyak disebut dalam agama, seni, sastra, dan budaya populer di seluruh Asia Timur selama berabad-abad. Banyak penghargaan tinggi yang dianutnya karena pentingnya Kerbau dalam pertanian.

Di Cina, Kerbau dianggap sebagai hewan kekuatan yang dikaitkan dengan panen dan kesuburan. Di tahun-tahun yang lalu, orang-orang menciptakan kerbau dengan lumpur dan memukulinya dengan tongkat sebagai bagian dari ritual tahun baru untuk menandai dimulainya musim semi.

Diyakini juga menempatkan patung logam kerbau di dasar sungai dapat mencegah banjir. Seni feng shui Tiongkok kuno, yang menyelaraskan manusia dengan lingkungannya menggunakan kekuatan energi, juga menganggap hewan itu bertuah, yang telah memberi kerbau reputasi untuk mengabulkan permintaan.

Sebagaimana keluarga petani di zaman kuno sering menjual Kerbau mereka untuk membiayai pendidikan anak mereka, Kerbau juga dijadikan sebagai objek yang sangat berharga.

Menurut legenda Cina, Kerbau adalah hewan kedua dalam kalender, sebab, urutan hewan-hewan itu diputuskan berdasarkan waktu tiba mereka di pesta yang diadakan oleh Jade Emperor.

Kerbau seharusnya menjadi yang pertama tiba, tetapi ditipu oleh tikus, yang menungganginya sebelum melompat dan bergegas masuk terlebih dahulu.

Kesabaran dan kebajikan adalah yang seharusnya dimiliki orang yang lahir di tahun-tahun ini. Mereka dimaksudkan untuk menjadi perencana yang hebat. Namun, mereka juga bisa keras kepala, dan mungkin tidak memiliki keterampilan komunikasi terbaik.

Source : https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/arti-shio-kerbau-di-imlek-2021-dan-daftar-12-shio-tahun-baru-cina-gacG

0 komentar:

Post a Comment